RSS

Jenis Tanaman Hias

Ada dua kategori jenis tanaman hias, yakni daun dan bunga.

Tanaman Hias Daun

1. Adiantum atau suplir.

null

Suplir sendiri mempunyai berbagai jenis dan varietas. Meski begitu, suplir yang cukup cantik karena berdaun kecil dan memberi suasana segar itu, agak sulit dipelihara karena membutuhkan lingkungan yang lembab dan udara bersih.

Suplir membutuhkan sedikit cahaya. Karena itu, sebagian tempatnya harus teduh. Jenis tanaman ini juga tidak terlalu banyak membutuhkan air, asal lembab dan tidak basah, tetapi juga tidak kering. Air penyiram sebaiknya air hujan.
Selama musim kemarau, pot perlu dikelilingi dengan mos yang basah – tidak harus dengan air hujan – agar kelembabannya terjaga. Pada awal musim hujan, merupakan musim tumbuh, sebaiknya suplir dipupuk teratur sesudah dipindah ke pot yang lebih sesuai besarnya.

2. Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

null

Kecantikan tanaman ini terletak pada bentuk dan warna daunnya.

Keladi Red Star kecantikannya adalah pada urat daunnya yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah, tangkai daunnya berwarna agak kemerahan (pink) dengan belang-belang hitam.

Keladi hias termasuk tanaman yang mudah ditanam, tanaman hias ini cepat berkembang asal media tanamnya tetap dijaga lembab.

Tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar warna merah pada urat daunnya menguat.

Untuk penyiraman cukup disiram sekali dalam sehari. Penyiraman harus ke medianya, jangan ke daun.
Dengan media yang basah (lembab), keladi akan tumbuh cantik, lebar, dan warna pada daunnya akan lebih keluar.

Media biasanya memakai sekam atau cocopeat. Jangan memakai tanah karena akar sulit untuk menembusnya,

3. Aglaonema

Tanaman ini berdaun lonjong hijau, dihiasi bintik-bintik, garis, atau ban berwarna abu-abu keperakan. Sri rejeki ini mudah ditanaman tanpa perawatan intensif, tapi membutuhkan cahaya yang tidak langsung dan lingkungan yang lembab.

Hanya saja, Anda perlu hati-hati bila ruangan terlalu panas dan kering di musim kemarau,
daun Sri Rejeki mudah layu dan harus dibuang. Tanaman ini juga tidak tahan terhadap uap air dari dapur dan asap rokok. Selain itu, daun segar yang sudah tua juga perlu dipangkas.

4. Dieffenbachia

null

Di kalangan penjual tanaman hias, Dieffenbachia dikenal pula sebagai daun bahagia atau bunga bahagia.

Dieffenbachia juga dikenal mudah dalam perawatan dan perbanyakannya. Tanaman ini tahan dalam ruangan meskipun untuk jangka tertentu perlu diperlakukan pula di ruang terbuka. Warna daunnya cenderung gelap bila ditempatkan dalam ruang atau di bawah naungan.
Jadi, tak masalah jika ingin menjadikannya sebagai tanaman indoor.

Daun Dieffenbachia mampu menyerap racun di udara. Menempatkannya dalam ruangan, selain mempercantik ruang, juga membersihkan udara. Menanamnya di halaman, bisa ikut membantu mengurangi gas polutan di sekitar rumah.

Perbanyakan tanaman ini umumnya dilakukan dengan stek.

Tetapi berhati-hatilah karena, getah daun dan batang Dieffenbachia BERBAHAYA!! dapat menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah serta kerongkongan bila mengenainya. Meskipun setelah beberapa waktu dapat pulih kembali, gejala ini dapat menyebabkan syok, bahkan kematian apabila kejang mengganggu saluran pernafasan.

5. Kuping Gajah
(Anthurium crystallinum Lindl.)

null

Tanaman lainnya yang tak kalah cantik adalah Anthurium Crystallinum atau Kuping Gajah. Tanaman ini dipelihara karena keanehan daunnya yang berbentuk jantung dan besar, bila dibandingkan dengan ukuran batangnya. Daun yang lebar ini lalu dianggap menyerupai kuping gajah.

Daun kuping gajah berwarna hijau tua dengan urat-urat hijau muda keputih-putihan.

Tanaman ini termasuk jenis Anthurium Daun, yang memiliki daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunya yang istimewa dan untuk perawatannya lebih mudah, karena perhatian cenderung hanya tertuju pada daunnya saja.

Anthurium hanya butuh sinar matahari sedikit. Tempat yang teduh seperti di beranda rumah, teras belakang rumah menjadi tempat yang cocok bagi Anthurium.

Daun Anthurium akan berubah menguning jika terkena sinar matahari secara terus menerus dalam waktu lama.
Tetapi bila cahaya kurang, daun nampak lemas dan pucat, daun dan tangkainya cenderung memanjang.

Untuk menanamnya sebaiknya gunakan media yang disukai Anthurium yaitu media yang berupa campuran arang sekam, pakis cacah dan humus. Tujuannya agar akar-akar dari Anthurium ini mudah untuk tumbuh dan menyebar.

Penyiraman dilakukan 1 kali sehari, tetapi jika cuaca panas, boleh di siram 1 – 2 kali (pagi dan sore), tanaman ini tidak suka basah tetapi suka kelembapan. Air tidak boleh sampai tergenang atau becek.

Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit, dipotong agar tanaman tampak bersih dan menarik.

6. Paku Tanduk Simbar Menjangan
(Platycerium bifurcatum (Cav.) C.Chr.)

null

Paku Tanduk Rusa (Platycerium) adalah suatu genus tumbuhan paku dengan lebih kurang 18 jenis. Kesemuanya merupakan epifit (akar melekat di batang pohon) dengan penampilan yang unik karena memiliki dua tipe daun dengan fungsi dan bentuk jelas berbeda.

Dua tipe daun:
1. Tipe pertama selalu steril dan berbentuk perisai tegak, mengering pada kondisi kurang air, fungsinya mengumpulkan dedaunan kering dan penangkap air, sehingga kelembaban bagi rimpang terjaga.
2. Tipe kedua menjuntai dari “pusat” daun tipe pertama dengan bentuk menyerupai tanduk rusa (walaupun ada beberapa jenis yang tidak demikian), fungsinya sebagai pembawa spora yang terletak di sisi bawah daun, panjang daun yang menjuntai dapat mencapai satu meter atau lebih.

Paku yang juga biasa disebut Simbar Menjangan ini dapat dijumpai tumbuh liar di semua daerah tropis dunia (dari Malaysia sampai Polynesia).

Tanaman hias ini biasa ditempel di pohon atau digantungkan untuk memberikan kesan alami pada taman.

Tempat yang disukai oleh tanaman ini adalah tempat yang teduh, yang tidak langsung memperoleh sinar matahari.

Anakan yang tumbuh dapat dipisah dari induknya secara hati-hati dan ditempelkan pada tempat lain.

7. Saka Asparagus Plumosus.

Ini tanaman sejenis paku yang lebat daunnya menyerupai jarum halus. Potongan batang yang berdaun, ditambah beberapa bunga, lalu digunakan untuk menghias. Asparagus ini mudah ditanam, asal diberi cahaya matahari tidak langsung. Ia juga butuh lingkungan yang lembab dan tidak kekurangan air.

Tanaman Hias Bunga

Bagi Anda yang tidak begitu menyukai tanaman hias daun, masih ada tanaman hias bunga.Tanaman hias ini, selain daunnya memberi daya tarik tersendiri, bunganya juga amat memikat, misalnya:

1. Begonia semperflorens yang merupakan salah satu jenis Begonia bunga.

Ia tetap mungil dan berbunga setiap saat sepanjang tahun.
Tanaman yang daunnya bulat, hijau mengkilat ini, memiliki bunga bervariasi, dari putih sampai ke merah merona. Jenis tanaman ini menghendaki udara lembab (biasanya pot dibungkus dengan mos basah), akan tetapi daun-daunnya tidak boleh kena air.

2. African violets dan violltjes.

Tanaman yang mungil dengan daun agak berbulu ini biasanya memberi bunga yang indah. Warna bunganya biasanya biru, merah jambu keputih-putihan, atau merah lembayung.

Tanaman ini amat suka ditanam di lingkungan yang lembab dan udara yang tenang tidak berangin. Mungkin karena sifatnya yang agak manja, tanaman ini juga tidak tahan terhadap cahaya matahari langsung, kekeringan, asap rokok dan perubahan suhu yang terlalu sering. Bila menyiram tanaman ini, harus menggunakan air suam-suam kuku, dan usahakan agar tidak sampai memerciki daunnya.

 

145 responses to “Jenis Tanaman Hias

  1. Rita

    Minggu, Juli, 13 , 2008 at 11:03 am

    biasanya bunga butuh sinar matahari, ada ga bunga yg ga terlalu suka sinar matahari?? soalnya mau di taro di tempat teduh nih..

     
    • supriyadi @ yahoo kom

      Senin, Mei, 6 , 2013 at 9:35 pm

      ada syng bunga bank di taro di dompet dan bunga bunga cintaku di taro di hatimu

       
    • Anonymous

      Rabu, Agustus, 14 , 2013 at 12:47 pm

      Ada, bunga yang ga terlalu bahkan ga memerlukan sinar matahari
      “”BUNGA BANK”‘

       
  2. riani1970

    Minggu, Juli, 13 , 2008 at 6:24 pm

    iya benar, kalau bunga lebih menyukai sinar matahari.
    Tapi bisa juga di tempat teduh seperti adenium dan anturium, tidak membutuhkan sinar matadari terlalu banyak.

    Coba juga tanaman hias daun contohnya aglonema (sri rejeki), hanjuang, anturium, kuping gajah, suplir, pakis dll.

     
    • adie

      Kamis, Oktober, 21 , 2010 at 10:34 pm

      kalo tanaman model ilalang namanya apa iya?aku sering melihat di depan tembok rumah minimalis….trus pa dya mampu kena matahari langsung????????/makasi tante

       
    • Anonymous

      Rabu, Mei, 9 , 2012 at 3:00 pm

      Oea klo prwtn’a tu sh gx?….

       
  3. esteh

    Rabu, Juli, 30 , 2008 at 10:40 am

    mba..bunga yang bisa mendatangkan duit nga? hihii …trend bunga thn 2009 apa nih ? yang bisa booming seperti anturium ?

     
  4. riani1970

    Rabu, Juli, 30 , 2008 at 5:59 pm

    Ada dong .. bunga bank misalnya …. tiap bulan berbunga deh .. he .. he ..

    Tren bunga tahun 2009 .. tunggu ya kira2 5 bulan lagi nanti saya kasih tahu ….

     
  5. Warrock

    Rabu, September, 24 , 2008 at 1:29 pm

    Kasih foto / gambar2 nya kayak lebih menarik nich sekalian penjelasannya.
    Nuhuuun ….

    http://warrock-ponorogo.blogspot.com/

     
  6. RISCHA DIANITA

    Selasa, Oktober, 21 , 2008 at 6:19 pm

    sip dach

     
    • Anonymous

      Rabu, Mei, 9 , 2012 at 3:02 pm

      Kren khn bunga’a….^^.)

       
  7. riri

    Kamis, Oktober, 23 , 2008 at 8:21 pm

    Mba mo nanyak, jenis tanaman buah yang akarnya ga merusak dinding tau g? Trimakasih…

     
  8. Riani

    Jumat, Oktober, 31 , 2008 at 11:09 pm

    Pohon Kelapa, Pohon Pisang, Pepaya mereka semua mempunyai akar serabut .. jadi tidak merusak dinding.
    Selamat menanam ya ..

     
    • Anonymous

      Rabu, Mei, 9 , 2012 at 3:04 pm

      Ok…dech…^^.)

       
  9. Desi Subekti

    Selasa, Oktober, 27 , 2009 at 12:36 pm

    Senang ya bisa meng-koleksi-nya.Sebagai Pemula bisakah saya mendapatkan bibit violces?Yang pasti species yang paling mudah ditanam. Terima kasih.

     
  10. Erna

    Sabtu, Februari, 20 , 2010 at 7:58 am

    Dulu (sekitar 10 tahun yang lalu) orang tua saya mengkoleksi all model violces tapi sekarang sudah tidak.. karena lebih asyik dengan anggrek, sanseviera, anthurium dan adenium nya. setelah 6 tahun saya tinggal sendiri, rasanya ingin sekali mengkoleksi lagi mengingat halaman belakang rumah saya tidak terlalu terkena sinar matahari. ada berapa macam ya untuk mengkoleksi violces secara komplit? dan brp harganya? saya bisa dapatkan dmn yang terdekat dengan rumah saya di seputaran meruyung (dekat mesjid kubah emas)? terima kasih bu Riani…

     
  11. naelatur

    Kamis, Desember, 2 , 2010 at 6:34 pm

    naelaturr09.student.ipb.ac.id
    saya tertarik dengan tanaman hias..
    semoga artikel nya lebih banyak lagi membahas tentang tanaman hias

     
  12. Anonymous

    Jumat, Desember, 3 , 2010 at 6:48 pm

    naelaturr09.student.ipb.ac.id

    saya tertarik dengan tanaman hias..
    semoga artikel nya lebih banyak lagi membahas tentang tanaman hias

     
  13. naela

    Jumat, Desember, 3 , 2010 at 6:49 pm

    naelaturr09.student.ipb.ac.id
    saya tertarik dengan tanaman hias..
    semoga artikel nya lebih banyak lagi membahas tentang tanaman hias

     
  14. naela

    Jumat, Desember, 3 , 2010 at 6:53 pm

    naelaturr09.student.ipb.ac.id
    maaf, memberi komentar yang tidak perlu.
    ada tugas mengenai artikel.
    tulisan anda menambah wawasan saya.
    terima kasih

     
  15. Blog nya mantap

    Kamis, Januari, 27 , 2011 at 2:19 pm

     
  16. Rustan

    Kamis, Januari, 27 , 2011 at 2:21 pm

    Haha, nulis komenq yg diatas kebalik, mksudx ane mau blg kalau blogx mantap!

     
  17. resorh90

    Rabu, Mei, 11 , 2011 at 6:45 pm

    hello! ;) i’m at work right now, therefore i don’t have much time to write… however! I really appreciated reading the article. It turned out to be some really good stuff. thank you! Best regards

     
  18. tyas

    Selasa, Mei, 24 , 2011 at 5:57 pm

    klo misalkan nama tanaman yang tidak memiliki bunganya bisa lebih lengkap ga?penjelasannya kurang lengkap tak apa-apa yang penting gambarnya.ku tunggu,di balas di email saya saja…..

     
    • Anonymous

      Rabu, September, 11 , 2013 at 1:14 pm

      wah sangat indah tnaman mu

       
      • endah

        Minggu, November, 17 , 2013 at 8:42 am

        Tanks you

         
  19. yuli mulyani

    Minggu, Juni, 12 , 2011 at 6:54 am

    wah….thx infonya saya belajar banyak.

     
  20. yuli mulyani

    Minggu, Juni, 12 , 2011 at 6:58 am

    posisi sinar matahari memang sangat penting ya untuk penaruhan tanaman.
    kalau tidak mengerti hal ini, tanaman tumbuhnya jadi jelek. bahkan mati.

     
  21. Rema Schnetter

    Senin, Juni, 13 , 2011 at 5:37 am

    Its like you read my mind! You seem to know a lot about this, like you wrote the book in it or something. I think that you could do with some pics to drive the message home a little bit, but other than that, this is wonderful blog. A fantastic read. I’ll definitely be back.

     
  22. Minh Bonamico

    Kamis, Juni, 23 , 2011 at 5:03 am

    “”Nice job, it’s a great post. The info is good to know!””

     
  23. New Jersey

    Senin, Juni, 27 , 2011 at 9:30 am

    “”I think you’ve made some truly interesting points””

     
  24. Embeftbof

    Senin, Juni, 27 , 2011 at 11:54 am

    HI, I just joined this community. I m from pakistan. I like this forum…….hope to learn lot of things here ;-)

    ———————————————

    http://www.beatonlinepokers.com

     
  25. ignotastavone

    Minggu, Juli, 3 , 2011 at 9:52 am

    Hi,

    I’m new to the forum and just saying hello.

     
  26. Skrypt Panelu Aukcji

    Senin, Juli, 11 , 2011 at 1:57 am

    Whats up! I just wish to give an enormous thumbs up for the good data you have got right here on this post. I can be coming back to your weblog for extra soon.

     
  27. all about dogs

    Sabtu, Agustus, 13 , 2011 at 5:51 am

    Great item of info! May I reference this specific in my small blog easily post a backlink this webpage? Thx.

     
  28. Nishadhawa

    Selasa, September, 6 , 2011 at 8:09 pm

    Hi,
    I am quite impressed with this site and the contributions. I am happy that I am part of this site and I wish to contribute regularly.
    Thanks

     
  29. Troy Agresto

    Rabu, September, 14 , 2011 at 3:29 am

    Hello my loved one! I want to say that this post is amazing, great written and include approximately all important infos. I would like to peer extra posts like this .

     
  30. jessicawil

    Sabtu, September, 17 , 2011 at 2:55 am

    I am quite impressed with this site and the way the members interact. I am quite new to bloggin and forum posting. But running a website/forum seems quite interesting I am trying it at the moment but finding it difficult wonder how the admin is running a site like this successfully. Looking forward to contribute regularly.
    Thanks

     
  31. Anonymous

    Senin, September, 19 , 2011 at 2:49 pm

    kunjungi blog gw jg donk, di http://kebun-tanaman.blogspot.com/

     
    • Riani

      Kamis, September, 22 , 2011 at 2:27 pm

      blognya bagus ..

       
      • Anonymous

        Minggu, Mei, 26 , 2013 at 10:04 am

        Kamu sukanya bunga apa

         
  32. nanda

    Kamis, September, 29 , 2011 at 9:48 pm

    kyanYa jawaBan nYa kuRang leNgkaP dch. .

     
  33. shinta

    Minggu, Oktober, 23 , 2011 at 6:42 pm

    tolong info bunga anturium yaap..

     
    • Riani

      Senin, Oktober, 24 , 2011 at 10:15 am

      Bunga Anthurium juga dikenal dengan nama Bunga Flamingo.
      Disebut Bunga Flamingo, karena sosok bunga anthurium memang tampak sebagai kepala burung flamingo, dengan paruhnya yang bengkok.

      Anthurium Bunga lebih banyak dibudidayakan untuk bunga potong, di tata dengan berbagai bunga lain dan aneka dedaunan menjadi rangkaian bunga yang sangat indah.

      Berbagai macam warna bunganya seperti: merah cerah, merah muda, peach, hijau dan putih, warna merah cerah pada umumnya banyak ditemui.

      Bunga-bunga ini mengembang sepanjang tahun, membutuhkan sangat sedikit pemeliharaan dan dapat hidup di dalam maupun di luar ruangan.

       
      • sam

        Selasa, Juli, 30 , 2013 at 10:47 am

        bunga bungaan sangat saya suka, tapi juga saya suka rumput. Ada berapa jenis ya rumput untuk taman? Berikan contohnya dan dimana bisa didapat. Hatur thank.

         
      • Riani

        Jumat, Agustus, 2 , 2013 at 1:15 pm

        Ini adalah beberapa contoh rumput yang biasa dipakai untuk taman :
        Rumput Gajah Mini, Rumput Gajah Biasa, Rumput Swiss/Jepang, Rumput Peking, Rumput Golf.

         
  34. justin

    Minggu, Oktober, 23 , 2011 at 7:05 pm

    oh..great writing!I want to say thank you…

     
  35. Anonymous

    Sabtu, November, 12 , 2011 at 3:29 pm

    i like flower

     
    • Anonymous

      Minggu, Mei, 26 , 2013 at 10:01 am

      Yes,i like it

       
  36. DSLR-A900

    Minggu, November, 13 , 2011 at 2:55 am

    Informasi yang baik , terbaik posting bermanfaat, Terima kasih untuk berbagi this.I akan datang kembali untuk membaca lebih banyak .

     
  37. Kusma

    Jumat, Februari, 3 , 2012 at 9:57 pm

    Mlm mas/mbak saya pengn bli violces boleh minta alamat yang bisa saya hubungi Ngk?

     
  38. Anonymous

    Minggu, Maret, 4 , 2012 at 2:48 pm

    thank you for the plants information, it really helps!

     
  39. kimi

    Rabu, April, 11 , 2012 at 11:23 am

    ad anggrek ungu.. gg??

     
  40. andre

    Rabu, April, 11 , 2012 at 11:25 am

    tambah lagi donk tanaman hiasnya masak cma 7..

     
  41. nurika16

    Kamis, April, 12 , 2012 at 12:01 am

    untuk taman sekolah yg cocok tanaman apa saja yaaa? :)

     
    • Riani

      Sabtu, April, 14 , 2012 at 12:22 pm

      Tanaman Hias : Palem Putri, sri rejeki, anthurium, puring, bunga euphorbia, lidah mertua, dan tanaman gantung

       
    • fajar 8.f

      Minggu, Januari, 6 , 2013 at 5:09 pm

      tanaman bunga sepatu.

       
    • budiman

      Kamis, Mei, 15 , 2014 at 3:11 pm

      utk hln di luar pgr pohon palm ekor tupai, utuk di pot ukuran besar bunga yg tdk BERBUNGA,

       
  42. umir

    Jumat, April, 13 , 2012 at 5:42 pm

    wow aku mau pohon mangga dech….

     
  43. mutia

    Senin, April, 30 , 2012 at 11:04 am

    aku mau telinga gajah

     
  44. Anonymous

    Rabu, Mei, 9 , 2012 at 2:58 pm

    Wiz…kren ea!!!

     
  45. bagus rizal

    Sabtu, Juli, 14 , 2012 at 1:43 pm

    minta refrensi tanaman hias apa yang cocok di tanam di halaman masjid,yang gak cepet tumbuh besar batang keras

     
    • Riani

      Sabtu, Juli, 14 , 2012 at 2:38 pm

      Jenis tanaman hias yang sering digunakan untuk taman adalah seperti tanaman bonsai, kuping gajah, lili paris, adenium, iris, lidah mertua, dsb.
      Untuk lebih menambah cantiknya taman, maka anda bisa menambahkan semacam kolam air/air mancur. Tempatkanlah beberapa ikan hias atau ikan kecil lainnya agar kolam anda tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

       
  46. fannia dewi

    Minggu, Juli, 29 , 2012 at 1:41 pm

    kak klo bunga tanaman hias yang bisa disimpen di ruagan tertutup tanaman apa ??

     
  47. fikri

    Senin, Agustus, 13 , 2012 at 3:26 pm

    kalo tanaman yang bisa mengurangi polusi udara atau debu apa ya ???

     
    • Riani

      Jumat, Agustus, 31 , 2012 at 11:05 am

      Pohon Puring, Beringin, Tanjung, Ketapang, Tanaman Sanseviera (Lidah Mertua), Dracena, Lidah Buaya, Kuping Gajah, Bunga Daisy, Bunga Krisan, Aglonema = memililki kemampuan untuk menyerap unsur atau partikel logam berat yang ada di udara.

       
  48. ranting

    Jumat, September, 7 , 2012 at 12:54 pm

    kalo bunga/tanaman yang Tahan Akan Panas Sinar Matahari ( Rumah sy menghadap Barat)
    dan bisa bertahan walau jarang di siram ( sy 1 minggu 1x dateng ke rumah nya ),,selain Kaktus..apa yah ? mohon info nya.tks

     
    • Riani

      Senin, September, 10 , 2012 at 7:26 am

      Bunga Bougenville

       
  49. ZOMBIEKILER

    Senin, September, 10 , 2012 at 6:17 pm

    wow

     
  50. kega

    Jumat, Oktober, 5 , 2012 at 6:17 pm

    bagaimana cara merawat tanaman itu?

     
    • Riani

      Kamis, November, 1 , 2012 at 6:27 pm

      Pemangkasan, penyiraman, pemupukan

       
  51. noviani imuetz

    Sabtu, Februari, 9 , 2013 at 9:09 pm

    bantu aq cari gambar tanaman

     
  52. caca

    Jumat, Februari, 15 , 2013 at 9:34 am

    Kak, mamaku minta aku cariin bunga yg gk terlalu perlu kena matahari, terus bungany banyak. Bisa minta tolong gak sebutin nama bunga2ny??

     
    • Riani

      Kamis, Februari, 28 , 2013 at 6:19 pm

      Semua tanaman yang berbunga sebagian besar butuh sinar matahari (suka cahaya matahari) untuk pertumbuhannya.

       
      • Anonymous

        Rabu, September, 11 , 2013 at 1:15 pm

        wow

         
  53. grosir baju bali murah

    Senin, Maret, 4 , 2013 at 1:22 pm

    tanamannya bagus bagus sekali kita harus memeliharanya bukan malahan menebangnya

     
  54. adywj

    Jumat, Maret, 15 , 2013 at 1:42 pm

    jgjtmj

     
  55. Agung Borolla

    Rabu, Mei, 8 , 2013 at 2:41 pm

    tanaman hias batangnya gak ada

     
  56. Ade Indra

    Selasa, Juli, 2 , 2013 at 4:20 pm

    Artikelnya bermanfaat gan :D
    kunjungi Kebun Bibit

    tersedia berbagai macam bibit dan tanaman bunga loh :D

     
  57. Ade Indra

    Selasa, Juli, 2 , 2013 at 4:21 pm

    Artikelnya bermanfaat gan :D
    kunjungi http://www.kebunbibit.com

    tersedia berbagai macam bibit dan tanaman bunga loh :D

     
  58. bali tour

    Selasa, Agustus, 6 , 2013 at 11:48 am

    Informasinya sangat membantu untuk belajar mengiasi taman

     
  59. Anonymous

    Senin, September, 2 , 2013 at 10:01 am

    Tq info nya,, sangat bermanfaat sekali

     
  60. Odeneska Purba

    Kamis, September, 12 , 2013 at 5:17 am

    ka bantu cari info tentang tanaman hias bougevil dong..

     
  61. Andrie Aronawa Kumbie

    Rabu, Oktober, 9 , 2013 at 8:20 am

    jika ada yang butuh informasi atau berminat Tanaman bisa anda kunjungi

    http://warungtanaman.com/index.php?page=green

    terima kasih.

     
  62. Anonymous

    Sabtu, Oktober, 12 , 2013 at 11:06 pm

    Pembaca yth.,…
    Riani’s Flower Blog, trims banyak infonya, mohon ijin sy copy ya. Saya punya koleksi tanaman hias yg menurut saya sangat unik dan eksotis. Tanaman tsb masih sangat jarang (tdk ada) dijual di toko bunga/kembang atau sengaja dibudidayakan org sbg tanaman hias…

     
  63. feby

    Kamis, Oktober, 24 , 2013 at 7:19 am

    kak artikel tentang tanaman hias, kerennn… kpn” buat artikel yg menarik lg yaa kak, makasih tentang wawasannya :)

     
  64. indah

    Rabu, November, 6 , 2013 at 7:20 am

    artikelnya bagusssssss :)

     
  65. Amandita

    Kamis, November, 14 , 2013 at 12:54 pm

    Numpang nanya nih, ada yang tau kalo mau beli bunga African Violet (Saintpaulia) dimana ya kira-kira?

     
  66. andri

    Rabu, November, 20 , 2013 at 1:52 pm

    artikel tanaman hiasnya keren,,,,
    saya jual tanaman hias nya nih,
    kunjungi http://warungtanaman.com

     
  67. Novan Alfino

    Minggu, Desember, 1 , 2013 at 9:12 pm

    Bos jual bonsai kamboja jepang hitam ama anggrek gak..??
    klo ada Call kita di 081367963318

     
  68. tee

    Sabtu, Desember, 14 , 2013 at 4:45 pm

    Mau tanya jual suflir jenis apa saja dan violces warna apa saja dan harganya msng2 berapa

     
  69. Monica Adelina Tampubolon

    Senin, Januari, 20 , 2014 at 8:55 pm

    mau tanya,apakah ada tanaman hias namanya daun rades kaler?

     
  70. Anonymous

    Selasa, Januari, 28 , 2014 at 8:46 pm

    jos gandos krotoz~krotoz

     
  71. sewa tanaman

    Selasa, Februari, 18 , 2014 at 7:06 pm

    Informasi yang menarik, trimakasih

     
  72. Anonymous

    Rabu, Februari, 19 , 2014 at 5:27 pm

    Makasih atas bantuannya……

     
  73. mawar merah

    Kamis, Februari, 20 , 2014 at 8:01 am

    Saya nak tanya, ada pokok yang serupa seperti Dieffenbachia tapi bawah daun dan batangnya berwarna ungu. Yang serupa tu, nama apa?

     
  74. seo kebunbibit

    Sabtu, Februari, 22 , 2014 at 4:08 pm

    Hai, apakah Anda ingin mencari beragam tanaman, seperti:
    1. Tanaman Obat
    2. Tanaman Hias
    3. Tanaman Buah
    4. dsb.
    Di sini Kami menyediakannya.
    Silakan kunjungi website kami di http://www.kebunbibit.com/

    Semoga Membantu…^_^

     
  75. Tukang Taman

    Rabu, Februari, 26 , 2014 at 11:21 am

    info yang sangat bermanfaat … makasih gan

     
  76. Aden

    Rabu, Maret, 26 , 2014 at 12:32 am

    Artikel yang bagus, klo didaerah rumah saya tanaman seperti itu dulu banyak, ternyata itu jenis tanaman hias juga ya…

    Kunjungi http://pertaniandanpeternakanku.blogspot.com/ untuk menambah pengetahuan anda seputar dunia tanaman.

    Terima Kasih

     
  77. Dika aulia putri

    Kamis, Mei, 1 , 2014 at 6:10 pm

    Mau tanya , tanaman melati sabrina itu tanaman hias bunga atau nggk??

     
  78. Diva anggraeni

    Rabu, Mei, 28 , 2014 at 10:40 am

    Kak makasi yaw atas infonya….!! , info ini bermanfaat banget buat mama aku

     
  79. gajahmini

    Rabu, Juni, 4 , 2014 at 5:24 pm

    Menarik sekali,, mari kita hijaukan Indonesia

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com/

    Arya Flower

     
    • Anonymous

      Senin, Juni, 23 , 2014 at 7:26 pm

      Benarkah akar rumput jepang bisa merusak bangunan. ( akarnya bisa masuk kesela2) pondasi rumah dan bisa membuat bangunan tidak kokoh

       
  80. herna

    Minggu, Juni, 29 , 2014 at 11:40 pm

    Herna
    orang tua saya selalu bercerita bagaimana pada zaman ia muda, dimana untuk kampung saya rumah kami dikenal dengan aneka bunga. ibu saya menceritakan tntang kobranya, keladinya, klodiolnya dan anyelir dan banyak lagi. dari cerita ini timbul keinginan didiri ini untuk mempunyai bunga lagi. waktu saya masih SD bibi saya juga membelikan saya bunga palam kipas dan bogenvil semua sangat menarik bagi saya. Saat itu sampai sekarang saya mengagumi kembang baik yang berbuga atau daun nya saja. karena saya sekolah dan sekarang juga bekerja sehingga bungga saya sering punah, karena saya tinggal cukup lama. saya pernah koleksi paku pakuan atau suplir. tapi karena saya pergi sekolah ke pulau jawa bunga tersebut habis dan banyak lagi yang lainnya. sekarang saya mulai lagi dengan koleksi saya yaitu untuk bunga suplir, kamboja/adenium, antorium dan keladi. saya ingin informasi untuk bunga diatas, dimana saya bisa dapatkan. demikian terimakasih

     
  81. Anonymous

    Minggu, Juli, 6 , 2014 at 5:37 pm

    aku ingin budidaya tanaman hias tolong donk bagikan ilmunya pada ku…

     
  82. Mas Raden

    Sabtu, Agustus, 2 , 2014 at 8:22 pm

    bagus sekali artikelnya. lengkap!
    bagi teman yang memulai bisnis tanaman hias bisa melihat di blog sederhana saya: http://pesonatanamanhias.blogspot.com/

     
  83. Aneka Tanaman Hias

    Senin, Agustus, 4 , 2014 at 6:54 am

    Makasih banget nie infonya.
    Sangat bermanfaat sekali

     
  84. Nanang

    Rabu, Agustus, 6 , 2014 at 8:50 pm

    Terima kasih,saya menjadi lebih tau dan mengerti tentang tanaman hias

     
  85. Zulfa Amiriyati

    Jumat, Agustus, 22 , 2014 at 6:29 pm

    bagus, suka sama artikelnya, lengkap! artikelnya penulis tulis sendiri atau dari sumber lain? kalau dari sumber lain tolong sertakan nama sumbernya ya, buat tugas hehe. kalau dari penulis sendiri, nanti saya cantumkan kok namanya hehe. terima kasih atas artikelnya, sangat membantu

     
  86. anek uteun

    Senin, September, 22 , 2014 at 3:41 pm

    kren…

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: